UTIPD UIN STS Jambi Fasilitasi Seleksi Calon Mahasiswa Baru Timur Tengah

UTIPD UIN STS Jambi Fasilitasi Seleksi Calon Mahasiswa Baru Timur Tengah

Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, memfasilitasi Seleksi Calon Mahasiswa Baru Beasiswa Dan Non Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah Mesir dan Maroko, yang dilaksanakan secara semi virtual di laboratorium UTIPD UIN STS jambi, Rabu-Kamis(28-29/4).

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Su’aidi, Asyari,MA.,Ph.D, dengan didampingi Wakil Rektor I Dr. Ropiqoh Ferawati, SE M.E.I secara langsung meninjau pelaksanaan ujian, dengan langsung di sambut penanggung jawab sekaligus Kepala Unit Pengembangan Bahasa UIN STS Jambi Izzat M. Daud, Lc. MA, Kasi Kerjasama Subdit Kelembagaan Dan Kerjasama Sebagai Perwakilan Pengawas Pusat Dr. Zulfakhri Sofyan. M.Ed dan Kepala UTIPD UIN STS Jambi Aris Dwi Nugroho, S. Pd I, M. Pd, I, MSHS.

Sebanyak 222 peserta dari berbagai
Daerah mengikuti Seleksi Calon Mahasiswa Baru Beasiswa Dan Non Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Luar Negeri Timur Tengah Mesir dan Maroko. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan kembali di tengah ancaman Pandemi Covid-19 secara online oleh Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, bekerjasama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya dan PPB UIN Lainnya Se-Indonesia dibawah Kementerian Agama RI.

Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sangat mensuport kegiatan yang di laksanakan ini, dengan menghimbau peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi dengan serius, sertai berharap kedepannya jumlah peminat melanjutkan pendidikan ke luar negeri semakin meningkat.

“UIN STS Jambi mempunyai pusat laboratorium komputer yang telah berkerjasama dengan berbagai pihak, dan hari ini kita melaksanakan tes untuk penerimaan mahasiswa Timur Tengah, kita selalu mensuport berbagai kegiatan eksternal maupun internal kampus UIN STS Jambi, harapan kita kedepan terjadi peningkatan peminat Calon Mahasiswa Timur Tengah “, jelasnya.

Selain Itu Kasi Kerjasama Subdit Kelembagaan Dan Kerjasama sebagai Perwakilan Pengawas Pusat Dr. Zulfakhri Sofyan.M.Ed, memaparkan kegiatan ini guna menyaring lulusan madrasah aliyah pondok pesantren dan sederajat lainnya yang memiliki kemampuan dan minat untuk melanjutkan studi diluar negeri, serta menentukan calon peserta yang akan melanjutkan studi di Mesir dan Maroko dengan jalur beasiswa dan non beasiswa.

“Peserta akan berkompetisi untuk mengisi 20 kuota beasiswa di al-azhar mesir dan 30 kuota beasiswa AMCI (Agence Marocaine de Cooperation Internationale) Maroko”, paparnya.

Pelaksanaan seleksi dilakukan dalam dua tahap, pertama seleksi tes tulis online untuk menguji kemampuan Bahasa Arab dengan Computer Based Test(CBT) yang dilaksanakan dua hari 28-29 april 2021, dan seleksi kedua yaitu seleksi wawancara yang akan dilaksankan secara online pada 3-5 mei 2021,hanya peserta yang memenuhi nilai passing grade dengan score 65 yang dapat mengikuti tes wawancara tahap kedua.

Di sampaikan Kepala UTIPD UIN STS Jambi Aris Dwi Nugroho, S. Pd I, M. Pd, I, MSHS. bahwa UTIPD UIN STS Jambi memfasilitasi kegiatan secara penuh, dengan menyediakan laboratorium komputer, beberapa tim yang membantu mensuport kegiatan dan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat menjaring Calon Mahasiswa Timur Tengah yang berprestasi, serta dapat mengikuti pendidikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *